Pendidikan Yang Mendewasakan Manusia

Pendidikan Yang Mendewasakan Manusia

GICFNews – Pendidikan pada dasarnya bertujuan untuk mencerdaskan kehidupan baik untuk individu, komunitas, organisasi, dan bangsa-bangsa yang ada di dunia ini (Hermanto, 2020; Huda, 2015; dan Kholis, 2014). Pendidikan sungguh begitu berarti bagi setiap manusia (Bahri, 2013). Berbagai lembaga dan institusi pemerintahan mewujudkan concern pendidkan dalam bentuk program pembangunan sosial (Hekmatyar & Nugroho, 2018; Jusuf, 2007; Mufizar et al., 2012).

Pendidikan dapat ditempuh melalui jalur formal dan non formal (Syaadah et al., 2023). Pada jalur formal, pendidikan ditempuh melalui jenjag pendidkan Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, dan Perguruan Tinggi (Zeky, 2022). Selanjutnya, pada jalur non formal, pendidikan ditempuh melalui Pelatihan dan Pemagangan (Dacholfany, 2018). Pendidikan yang diperoleh setiap manusia pada akhirnya dapat membuat mereka sukses (Pratama et al., 2023; Susanti, 2012). Oleh karena itu, pendidikan perlu menjadi perhatian semua pihak.

Penddikan berkaitan dengan hak setiap manusia (Affandi, 2017; Arif et al., 2021). Sejak awal kehadirannya, Al-Qur’an telah memberikan perhatian yang sungguh-sungguh terhadap masalah pendidikan dengan berbagai aspeknya (Widiani, 2018).  Widiani (2018) mengidentifikasi bahwa menurut Abudin Nata (2016) ada berbagai istilah yang berkaitan dengan pendidikan diantaranya yaitu al- Tarbiyah, al-Ta’lim, al-Tazkiyah, al-Tadris, al-Tafaqquh, al-Ta’aqqul, al-Tadabbur, al- Tadzkirah, al-Tafakkur, al-Mau’idzah. Berbagai istilah dalam Al-Qur’an telah menjadi rujukan penting di dalam pengembangan pendidikan (Widiani, 2018). Pada akhirnya, Porwadarminta (1976) menekankan bahwa pendidikan menjadi proses pengubahan sikap dan tata laku mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan (Shibgotulloh & Bahri, 2015). (Penulis, Efri Syamsul Bahri, Direktur Global Insan Cita Foundation)

Referensi

Affandi, Hernadi. 2017. “Tanggung Jawab Negara Dalam Pemenuhan Hak Atas Pendidikan Menurut Undang-Undang Dasar Tahun1945.” Jurnal Hukum Positum 1(2):218. doi: 10.35706/positum.v1i2.848.

Arif, Muhamad, Chairul Anwar, and Lebba. 2021. Pendidikan Kewarganegaraan.

Bahri, Efri Syamsul. 2013. Zakat Dan Pembangunan Sosial. FAM Publishing.

Dacholfany, M. Ihsan. 2018. “Pemberdayaan Masyarakat Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Non Formal Di Metro Lampung ( Studi Kasus Pkbm Al-Suroya ).” Tapis : Jurnal Penelitian Ilmiah Vol. 02(1):Hal.45.

Hekmatyar, Versanudin, and Fentiny Nugroho. 2018. “Badan Usaha Milik Desa Dan Pembangunan Sosial Di Kabupaten Bojonegoro.” Sosio Konsepsia 7(03):176–89. doi: 10.33007/ska.v7i3.1444.

Hermanto, Bambang. 2020. “Perekayasaan Sistem Pendidikan Nasional Untuk Mencerdaskan Kehidupan Bangsa.” Foundasia 11(2):52–59. doi: 10.21831/foundasia.v11i2.26933.

Huda, Miftahul. 2015. “Peran Pendidikan Islam Terhadap Perubahan Sosial.” Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 10(1):165–88. doi: 10.21043/edukasia.v10i1.790.

Jusuf, Chusnan. 2007. “Filantropi Modern Untuk Pembangunan Sosial.” Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Kesejahteraan Sosial 12(1):74–84.

Kholis, Nur. 2014. “Paradigma Pendidikan Islam Dalam Undang-Undang Sisdiknas 2003.” Jurnal Kependidikan II(1):71–85.

Mufizar, Arkanudin, and M. Sabran Achyar. 2012. “Pembangunan Sosial Masyarakat Perbatasan Di Kecamatan Sanjingan Besar Kabupaten Sambas Provinsi Kalimantan Barat.” Jurnal PMIS 1–22.

Pratama, Dimas Hendra, Eko Budi Satoto, and Yohanes Gunawan Wibowo. 2023. “Pengaruh Motivasi , Modal Usaha , Dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Kesuksesan Program Kewirausahaan Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jember Angkatan 2019-2021 Di Era New Normal.” Pp. 807–21 in UMMagelang Conference Series.

Shibgotulloh, Muhammad, and Efri Syamsul Bahri. 2015. “Peran Pesantren Entrepreuner Dalam Pengembangan Masyarakat (Studi Kasusu Pesantren Entrepreuner Bekasi.” Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah 3(2):1–24.

Susanti, Selpi. 2012. “Pengaruh Tingkat Pendidikan Terhadap Kesuksesan Berwirausaha Pada Masyarakat Kelurahan Pematang Reba Kecamatan Rengat Barat Kabupaten Indragiri Hulu.”

Syaadah, Raudatus, M. Hady Al Asy Ary, Nurhasanah Silitonga, and Siti Fauziah Rangkuty. 2023. “Pendidikan Formal, Pendidikan Non Formal Dan Pendidikan Informal.” Pema (Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat) 2(2):125–31. doi: 10.56832/pema.v2i2.298.

Widiani, Desti. 2018. “Konsep Pendidikan Dalam Perspektif Al-Qur’an.” Murabby: Jurnal Pendidikan Islam 1(2):185–96. doi: 10.15548/mrb.v1i2.321.

Zeky, Muhammad. 2022. “Pengembangan Manusia Sebagai Sumber Belajar Pada Berbagai Jenjang Pendidikan.” ADDABANA: Jurnal Pendidikan Agama Islam 5(1):67–80. doi: 10.47732/adb.v5i1.199.

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *